Sabtu, 14 Desember 2013

TENTANG BAJU BODO


pakaian adat sulawesi selatan makassar , mandar , bugis (sulawesi selatan) memiliki salah satu prodak  yang di banggakan dan telah menjadi ikon provinsi sulawesi selatan , yaitu baju bodo , bodo gesung merupakan nama lain dari baju bodo . baju gesung sendiri berarti  baju lengan pendek dan  menggelembung karna bagian punggungnya menggelembung , diantara busana adat yang dimiliki sulawesi selatan . baju bodo merupakan baju  yang paling tua usianya , seperti pakaian adat provinsi di pulau sulawesi , baju bodo terdiri dari blus sebagai pakaian bagian atas dan sarung sebagai  pakaian bagian bawah , sementara blusnya terdiri dari jenis baju bodo dan baju labbu . baju labbu merupakan baju bodo berlengan panjang . baju bodo seperti yang telah di jelaskan diawal  termasuk pakaian tradisional indonesia yang tergolong sebagai baju kutang pada bagian blusnya dan busana bungkus pada bagian sarungnya.
            tekstil telah di kenal oleh masyarakat sulawesi sejak zaman batu muda , namun perubahan sosial yang terjadi membawa perubahan dari segala sisi kehidupan maka muncullah mayarakat yang terorganisasi dengan segala bentuk peraturan, ikatan kerja sama seperti membuat kerajinan tangan sebagai perhiasan seperti gelang ,  dan kalung . menenun pakaian dari bahan tesktil dan membuat periuk belanga mulai di lakukan masyarakat pada waktu itu . ketentuan atau cara berbusana pada  masyarakat sulawesi telah di atur dalam sebuah kitab suci , yaitu petuntun atau tuntutan yang merupakan pedoman dalam
dalam melakukan kaidah kerohanian selain itu , kitab tersebut berisi matera untuk pengobatan
mandi dan pernikahan . kitab suci tersebut barasal dari warisan kepercayaan asli , yaitu animisme dan dinamisme sebagai sistem religi dan agama serta kepercayaan yang benar dan terbagi TOANI TOLOTANG , PATUTUNG DAN ALUK TODOLO , awalnya kain terbuat dari kain kasa hitam dan merah rangkap dua dan di kanji.
           panjangnya hingga ke tanah, sehingga merupakan dua kali panjang busana dan lebar kurang lebih  satu meter kain itu kemudian di lipat menurut panjangnya, kedua sisinya di jahit , lalu di sisihkan 12 cm sebagai lengan., agar menggelembung bagian lubang lengan waktu memakainya agak di singsingkan sarung tidak di ikat pada pinggan namun hanya di pegang saja dengan lengan kiri. Bentuk segi empat dari baju bodo merupakan ciri khas baju bodo tersebut , ciri khas lainnya  ialah  bahwa baju bodo tidak berlengan, sisi samping blus di jahit , bentuk badan blus menggelembung , bagian atas di lubangi untuk memasukkan kepala yang sekaligus juga meruakan garis untuk lubang leher tidak mempunyai sambungan leher pada bagian bahu , memakai hiasan berupa kepingan kepingan logam berbentuk bulat berwarna emas di seluruh pinggiran  dan permukaan blus . ada peraturan mengenai pemakaian baju bodo.
             masing masing warna menunjukkan tingkat usia perempuan yang mengenakannya
misalnya warna jingga hanya di pakai oleh wanita berumur 10 tahun . warna jingga dan merah darah  di gunakan oleh wanita yang berumur 10 - 14 tahun , warna merah darah digunakan oleh wanita  berumur 17 - 25 tahun , warna putih di gunakan oleh para inang atau dukung , warna hijau  di gunakan\di peruntuan oleh wanita\perempuan bangsawan, sedangkan warna ungu di  gunakan oleh wanita yang sudah tidak mempunyai suami \ janda . dahulu baju bodo kerap di gunakan di gunakan dalam acara pesta , misalnya pada pesta pernikahan , jauh sebelumnya lagi ,  baju bodo kerap di gunakan dalam upacara kematian dan perayaan . akibat perubahan zaman , pemakaian baju bodo mulai terkikis ,baju bodo kian terpinggirkan akibat meluasnya informasi sehingga timbul ketertarikan terhadap baju adat dari negara lain , pada daerah lain . kebanyakan dari mereka lebih
lebih memilih mengenakan baju ebaya modern, gaun malam , dan busana busana yang teresan modis  dan lebih simple.
          namun , baju bodo tidak sepenuhnya  hilang dari hati masyarakat bugis, mungkin di karenakan ingin mengikuti tradisi yang telah berkembang pada zaman dahulu, karna keinginan sendiri , dan menyukai baju adat bodo yang mempunyai hiasan yang indah seperti kalung rantai dengan motif bunga yang menghubungkan satu bunga kebunga yang lain yang tersusun secara rapih dan teratur, gelang  yang panjang dan bulat , pinggran lengan pergelangan tangan yang sangat nglamour , anting ,  hiasan rambut atau bando dengan hiasan  bunga di atasnya yang tertata rapih dan indah lipa' sabbe yang merupakan sarung kehormatan bagi masyarakat bugis serta masih banyak lagi hiasan yang akan memikat hati si pemakai maupun calon pemakai baju bodo dan wanita yang memakai baju bodo  akan terlihat indah , mempesona , glamour , rapih serta cantik.


                                                                 THE AND

Tidak ada komentar:

Posting Komentar